KEPUASAN WISATAWAN

Wisatawan menjadi sasaran utama suatu industri pariwisata sehingga kepuasan wisawatan menjadi tolok ukur dalam keberhasilan pariwisata. Berbagai faktor dapat mempengaruhi kepuasan wisatawan. Suwantoro (1997) mengemukakan bahwa hal penting yang perlu diperhatikan antara lain tentang ODTW (Obyek dan Daya Tarik Wisata), prasarana wisata, sarana wisata, tata laksana meliputi pelayanan, keamanan, dan kenyamanan, serta tentang masyarakat/lingkungan.

Beberapa penelitian membuktikan mengenai teori kepuasan wisatawan. Seperti hasil penelitian Fatmawati Kalebos (2016) menunjukkan bahwa:

  1. Kualitas pelayanan, kualitas produk wisata, serta obyek dan daya tarik wisata alam secara simultan atau secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan wisatawan yang berkunjung ke obyek wisata di Kabupaten Kepulauan Sitaro.
  2. Kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh terhadap kepuasan wisatawan yang berkunjung ke obyek wisata di Kabupaten Kepulauan Sitaro dan menjadi variabel tertinggi yang berpengaruh terhadap kepuasan wistawan dalam penelitian ini.
  3. Kualitas produk wisata secara parsial berpengaruh terhadap kepuasan wisatawan yang berkunjung ke obyek wisata di Kabupaten Kepulauan Sitaro dan merupakan variabel tertinggi kedua yang berpengaruh terhadap kepuasaan wistawan dalam penelitian ini.
  4. Obyek dan daya tarik wisata alam secara parsial tidak berpengaruh terhadap kepuasan wisatawan yang berkunjung ke obyek wisata di
    Kabupaten Kepulauan Sitaro. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top
Open chat