Lararenjana mengemukakan bahwa lingkungan kerja memengaruhi produktivitas perusahaan, karena lingkungan kerja yang baik dan memuaskan tentu akan meningkatkan kinerja karyawan. Berbagai penelitian menemukan bahwa lingkungan kerja memberikan pengaruh terhadap kinerja karyawan. Lingkungan kerja merupakan tempat dimana aktivitas pekerjaan dilakukan. Terdapat berbagai komponen dari dalam dan luar organisasi yang berada dalam lingkungan kerja yang mendukung pekerjaan karyawan/pegawai seperti metode kerja, pengaturan kerja, dan sebagainya.

Lingkungan kerja dapat berupa lingkungan fisik dan non fisik. Lingkungan kerja fisik dapat berupa kondisi fisik tempat bekerja seperti suhu, kebisingan, penerangan, kualitas udara, tata warna, dan sebagainya. Adapun lingkungan non fisik dapat berupa segala kondisi yang mendukung pekerjaan seperti manajerial, hubungan antara atasan dan bawahan, motivasi, dan sebagainya. Lingkungan kerja memberikan manfaat menciptakan semangat kerja, sehingga kinerja dan produktivitas meningkat. Dengan bekerja bersama orang-orang yang termotivasi maka segala pekerjaan dapat diselesaikan dengan cepat dan tepat sehingga efektif dan efisien.

Lingkungan kerja dipengaruhi oleh berbagai faktor antara lain penerangan/cahaya di tempat kerja, suhu ruangan di tempat kerja, kelembaban ruangan di tempat kerja, sirkulasi udara, kebisingan, bau tidak sedap, tata letak dan dekorasi ruangan, musik di tempat kerja dan kemanan. Lingkungan kerja erat berkaitan dengan keselamatan dan kesehatan kerja karena merupakan penciptaan kondisi lingkungan untuk mendukung pekerjaan. Dengan keselamatan dan kesehatan kerja yang baik maka lingkungan kerja pun dapat dikondisikan untuk mendukung pekerjaan.

LINGKUNGAN KERJA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top
Open chat