Seperti diketahui bahwa skripsi, tesis, bahkan disertasi merupakan penentu kelulusan mahasiswa. Kadang penentuan judul menjadi kendala bagi mahasiswa karena berbagai alasan seperti kesulitan menemukan permasalahan, kesulitan menentukan objek penelitian (variabel penelitian), kesulitan menentukan lokasi penelitian, kesibukan pekerjaan, dosen yang sulit diajak berdiskusi, metode yang tepat untuk penelitian, dan sebagainya.

Beberapa kasus yang ditemui, mahasiswa akhirnya menyerah dan meminta judul kepada dosen. Kadang judul yang diberikan dosen rumit dan bukan materi yang dikuasai sehingga membutuhkan waktu yang sangat panjang dalam pengerjaan tesis maupun skripsi.

Beberapa poin berikut mungkin bisa menjadi pertimbangan sebagai langkah dalam pengambilan judul, yaitu:

  1. Memastikan jenis penelitian, apakah kuantitatif dan kualitatif serta memahami kelebihan dan kelemahan keduanya
  2. Menentukan apakah penelitiannya berupa penelitian lapangan atau penelitian studi literatur.
  3. Memilih tema judul yang disukai dan dipahami. Hal ini untuk memudahkan mahasiswa memahami lebih cepat kasus yang diambil sesuai penguasaan materi.
  4. Mencari lokasi yang mudah untuk penelitian, kemudian mencari permasalahan yang sedang dihadapi. Masalah diambil dari sudut pandang jurusan yang diambil, misalnya dari sisi manajemen, teknik, keuangan/akuntansi, dan sebagainya.
  5. Banyak membaca jurnal-jurnal terdahulu, terutama maksimal 5 tahun terakhir. Semakin baru tahun penelitian maka kasus yang diangkat pun semakin baru. Dari jurnal-jurnal tersebut kemudian dicari celah bagian mana yang masih belum dilakukan penelitian, misalnya dilihat dari saran penelitian, atau membandingkan antara satu jurnal dengan jurnal yang lain.

Itulah beberapa langkah dalam pengambilan judul penelitian. Akan tetapi hal-hal di atas tidak semua bisa dilakukan karena masih ada kebingungan, diantaranya penelusuran jurnal-jurnal penelitian yang sulit terutama dengan tahun yang paling baru. Selain itu kesulitan harus memulai dari mana untuk dapat menentukan judul dan mengenai gambaran penelitiannya. Dalam kondisi inilah seorang mahasiswa dapat mencari konsultan skripsi dan tesis untuk membantu dalam mengarahkan, dan bahkan berdiskusi mengenai penelitiannya.

Penentuan Judul Skripsi Tesis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top
Open chat