PERENCANAAN KOMUNIKASI PEMASARAN

Sebuah komunikasi pemasaran memerlukan perencanaan untuk memaksimalkan penyampaian pesan kepada konsumen. Arah perencanaan dapat menjadi panduan mendasar dalam penyusunan perencanaan strategis. Berikut ini ada 8 arah perencanaan penting:

  1. Suatu perencanaan memiliki arti yang lebih penting dibandingkan keseluruhan dokumen.
  2. Gambaran segmentasi pasar, karakter konsumen, produk atau jasa yang dimiliki, kekuatan dan kelemahan yang dimiliki perusahaan dan saingan yang harus dimiliki sebagai dasar perencanaan yang tepat.
  3. Perencanaan merupakan hasil analisis dari riset pasar yang potensial.
  4. Perencanaan menjadi dasar dalam penetapan alokasi dana dan sumber daya yang ada.
  5. Perencanaan memerlukan fokus dan arah bisnis perusahaan, acuan, dan iklan yang efektif.
  6. Perencanaan yang tepat dan berhasil membantu memposisikan perusahaan dalam pasar dan memetakan perusahaan dalam peta bisnis.
  7. Perencanaan perusahaan menjadi acuan bagi konsumen untuk mengambil keputusan untuk melakukan pembelian, alokasi dana, serta pemilihan dan pembelian produk yang tepat sesuai harapan mereka. Perencanaan juga membuat konsumen memiliki daya ingat dan persepsi konsumen tentang produk yang dimiliki perusahaan.
  8. Perencanaan dapat diartikan sebagai keseluruhan strategi komunikasi pemasaran yang dapat menjadi penentu strategi dan kebijakan yang jelas, dan mengkomunikasikan pesan yang tepat kepada konsumen, karyawan maupun pegawai perusahaan, investor serta mitra bisnis perusahaan.

Dengan perencanaan komunikasi pemasaran yang matang maka fase kegiatan dalam komunikasi pemasaran dapat dioptimalkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top
Open chat