PERHITUNGAN UJI RELIABILITAS INSTRUMEN DENGAN APLIKASI SPSS

Berdasarkan hasil perhitungan validitas pada Perhitungan Uji Validitas Instrumen dengan Aplikasi SPSS sebelumnya, maka dapat dilihat item yang valid maupun tidak valid. Dari seleksi validitas tersebut, item kemudian dihitung nilai reliabilitasnya dengan menggunakan SPSS 18.0. Uji reliabilitas dengan taraf signifikansi 0,05, artinya instrumen dinyatakan reliabel bila nilai alpha lebih besar dari r kritis product moment.

Hasil seleksi validitas menunjukkan item yang valid yaitu 1, 3, 4, dan 8. Item-item inilah yang akan diuji reliabilitasnya, sedangkan item yang lain digugurkan.

Tabel 1. Data Penelitian

Langkah-langkah perhitungan dapat dilakukan dengan cara berikut,

1. Buka halaman SPSS

2. Copy data pada tabel 1 di atas pada halaman kerja SPSS

3. Klik Analyze → Scale → Reliability Analysis, maka akan tampil seperti berikut,

Tabel 2. Reliability Analysis

4. Sorot semua item dan pindahkan ke kolom bagian kanan. Kemudian klik Statistics dan pilih Select if item deleted, seperti pada tampilan berikut,

Tabel 3. Reliability Analysis

  • Klik Continue, dan lanjutkan klik OK. Maka akan muncul hasilnya seperti berikut,

Tabel 4. Output

5. Analisis

Output dari Reliability Analysis adalah Item-Total Statistics, yang menghasilkan nilai-nilai alpha pada kolom Croanbach Alpha if Item Deleted untuk masing-masing item, dan menghasilkan nilai alpha simultan (komposit) pada tabel Reliability Statistics yang berada di bawahnya. Nilai alpha ini dibandingkan dengan r tabel, yang dicari pada signifikansi 0,05 dengan uji 2 sisi dan jumlah data (n) = 30, diperoleh nilai r tabel sebesar 0,361. Dapat dilihat pada tabel di atas, bahwa item 1 dan 8 tidak reliabel karena nilai r nya < 0,361, sedangkan item 3 dan 4 reliabel. Akan tetapi secara komposit dinyatakan reliabel dengan nilai 0,464 (> 0,361).

Jika dilihat dari tingkat reliabilitas, Sugiyono membaginya menjadi berikut:

  • 0,80 > r11<1,00 reliabilitas sangat tinggi
  • 0,60 > r11<0,80 reliabilitas tinggi
  • 0,40 > r11<0,60 reliabilitas sedang
  • 0,20 > r11<0,40 reliabilitas rendah
  • 1,00 > r11<0,20 reliabilitas sangat rendah ( tidak realibel )

Berdasarkan kategori koefisien Cronbach Alpha tersebut maka dapat disimpulkan bahwa reliabilitas data di atas dikategorikan sedang karena berada pada rentang 0,40 > r11<0,60. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top
Open chat