PSIKOLOGI ANAK

Saat ini perkembangan anak perlu mendapat perhatian yang lebih banyak. Semakin banyak anak mendapatkan input terutama dari lingkungan di luar keluarga maka sebagai orang tua perlu memberikan banyak penjelasan. Jika tidak, maka anak bebas menerima berbagai hal yang dilihat, didengar, maupun dirasakannya tanpa filter.

Pengawasan orang tua terhadap anak memang sangat perlu mengingat anak memiliki rasa ingin tahu yang sangat tinggi. Peran orang tua sangat dibutuhkan untuk menjelaskan berbagai hal yang dilihat maupun didengar anak. Kesimpulan akhirnya adalah orang tua harus menjelaskan dampak dari perbuatan baik dan buruk yang dilihat anak jika dilakukan. Anak harus mendapatkan pengetahuan moral sejak dini mengenai perilaku orang lain yang dilihatnya sehingga anak dilatih untuk mensortir apa yang tidak baik dan melakukan yang baik. Selain itu, orang tua juga jangan bosan untuk mengingatkan anak.

Orang tua juga perlu menanamkan komunikasi yang baik dengan anak. Hal ini untuk mencegah anak menutup diri yang menyebabkan anak di luar pengawasan dan kontrol. Orang tua perlu mendengarkan sekecil apapun yang diucapkan anak agar merasa dihargai dan diperhatikan sehingga tidak mencari perhatian dengan cara negatif. Anak akan terbiasa untuk berkomunikasi dan bercerita kepada orang tua yang komunikatif sehingga orang tua dapat memantau anak dengan tetap memberikan privasi dan tidak memaksakan anak karena anak dengan sendirinya bercerita dan terbuka dengan orang tua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top
Open chat