SEKOLAH RAMAH ANAK

Dalam dunia pendidikan saat ini banyak kasus mencuat tentang wacana kurikulum yang memberatkan anak. Selain itu, berbagai kasus kekerasan pada anak di sekolah juga menjadi mimpi buruk bagi orang tua. Meskipun berbagai peraturan hukum dikeluarkan untuk melindungi anak, namun pada kenyataannya realisasinya sangat sulit dilaksanakan. Permasalahan pendidikan tidak hanya dialami oleh Indonesia, namun juga berbagai negara. UNICEF telah merangkum berbagai kondisi yang dihadapi dalam dunia pendidikan seperti bangunan yang tidak layak, air bersih yang langka, kekerasan di lingkungan sekolah dan sebagainya.

Berbagai permasalahan tersebut menjadi dasar dalam menciptakan Sekolah Ramah Anak. Sekolah ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan anak tentang pendidikan, namun juga tanpa merenggut hak-hak anak yang lain seperti bermain dan beristirahat. Sekolah Ramah Anak ini memiliki urgensi yang cukup tinggi mengingat berbagai kondisi yang dihadapi anak semakin memprihatinkan.

Sejalan dengan konsep Sekolah Ramah Anak dalam perlindungan anak, UUD 1945 menegaskan dalam Pasal 1 dan Pasal 28 B. Pasal 1 merupakan dasar bahwa setiap warganegara, termasuk anak-anak berhak mendapat pendidikan. Sementara itu Pasal 28 B merupakan dasar dimana anak berhak untuk melangsungkan hidup, tumbuh, dan berkembang serta hak untuk mendapatkan perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.

Selain UUD 1945, Undang-Undang No. 35 Tahun 2014 yang merupakan perubahan dari Undang-Undang No. 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak juga menjadi dasar dalam perlindungan anak dalam pendidikan. Pasal 9 dengan tegas menyatakan bahwa setiap anak berhak mendapatkan perlindungan dari kejahatan seksual dan kekerasan yang dilakukan oleh pendidik, tenaga kependidikan, sesama peserta didik, dan pihak lainnya. Hal ini sejalan dengan Pasal 54 yang juga mewajibkan lingkungan sekolah untuk menyediakan perlindungan bagi anak dari kekerasan fisik, psikis, kejahatan seksual, dan kejahatan lainnya yang dilakukan oleh berbagai pihak pelaksana pendidikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top
Open chat